RSS

Banjir Jakarta

banjir di jakarta
Indonesia, itulah sebutan Negara ini. Negara yang 2/3 luas daerahnya merupakan lautan/perairan. Berbicara Negara tidak akan pernah afdhol kiranya jika tidak menyinggung ibukota Negara tersebut, Jakarta , kota yang menjadi focus pertumbuhan ekonomoi di Negara ini, karena hampir  70% perputaran ekonomi Negara ini berlangsung di kota Jakarta ini
. Di kota ini semua terasa cepat, cepat dalam hal pertumbuhan ekonomi ,pertumbuhan populasi manusianya, dan tak tertinggal pula semakin cepatnya pertumbuhan infrastruktur yang mendorong perkembangan ekonomi itu tadi. Percepatan dalam pertumbuhan infrastruktur di kota Jakarta terasa cukup mengagumkan jika dibandingkan dengan daerah-daerah lainya di Negara ini, hal ini tercermin dengan semakin menjamurnya gedung-gedung pencakar langit di kota ini, belum lagi semakin padatnya pemukiman-pemukiman manusianya.
gambar banjir di jakarta

Pertumbuhan infrastuktur yang kian pesatnya di kota Jakarta berperan penting dalam usaha perbaikan ekonomi Negara ini, namun selain dampak positif itu tadi, di balik itu dampak negative selalu merongrong kota ini, pertumbuhan infrastruktur yang sangat pesat seperti gedung-gedung pecakar langit dan pemukiman manusia ini tadi semakin hari semakin tak terkontrol, yang mengakibatkan semakin sedikitnya lahan hijau yang berfungsi sebagai lahan serapan air, belum lagi buruknya tata kelola kota juga ikut adil memperparah kondisi tersebut. Dengan semakin sedikitnya lahan hijau di kota Jakarta maka menjadi hal yang tidak aneh jika pada suatu kondisi kota Jakarta akan tenggelam oleh air. Bagaimana tidak ?, ketika hujan turun tak lebih dari 4jam saja sudah berakibat banjir dimana-mana, terlebih jika musim penghujan telah tiba, maka bahaya banjir senantiasa membayangi setiap masyarakat kota ini . Ketakutan masyarakat akan bahaya laten banjir di kota Jakarta ini bisa dibilang susah untuk di dihindari, kondisi ini tercermin dari tiap tahun kota Jakarta ini tak pernah luput dari banjir, baik banjir skala kecil maupun sekala besar. Kota Jakarta yang seharusnya menjadi cerminan muka Negara di dunia Internasional  justru tak pernah luput dari banjir, kondisi ini memang tidak sepenuhnya kesalahan pengelola Negara, kesalahan juga tak luput dari tindakan manusia-manusia yang hidup di kota Jakarta ini. Prilaku buruk manusia yang hidup di kota Jakarta yang masih tanpa segan-segan membung sampah sembarangan juga berpartisipasi dalam bencana banjir tersebut. Hal ini menjadi kondisi yang cukup dramatis, ketika masyarakat senantiasa takut akan bayang-bayang bencana banjir, namun disadari atau tidak mereka sebenarnya ikut dalam menciptakan banjir itu tadi.
Sudah seharusnya kota Jakarta bebas dari bencana banjir,terlebih jika mengingat bahwa kota inilah ibu kota Negara. Kondisi ini dapat terwujud jika pemerintah mau berperan aktif dalam mencegahnya. Pemerintah sebagai pemegang fungsi regulator harusnya senantiasa mengontrol pertumbuhan dan perkembangan infrastruktur maupun pemukiman dikota ini, sehingga pertumbuhan infrastruktur itu tadi tidak sampai menghilangkan ruang hijau yang berfungsi sebagi lahan serapan air yang sangat berguna pada saat hujan turun maupun disaat musim penghujan. Selain terkontrolnya perkembangan infrastrukur dan pemukiman, pemerintah juga harus senantiasa memperhatikan tata kelola kota dalam proses pertumbuhanya, sehingga minimalisir banjir dapat dicapai. Dukungan masyarakat juga menjadi keharusan, dukungan ini dapat di tunjukan dengan tidak membuang sampah sembrangan dan senantiasa membuka ruang hijau baru . Jika hal-hal tersebut terlaksana pada semestinya maka bukan menjadi sebuah keniscayaan lagi, jika kota Jakarta ini mampu bebas dari banjir.

0 komentar:

Posting Komentar

© 2012 All Right Reserved - Manusia biasa | By: Galih Susanto | Supported By FDKM | Special Thanks to My Mom (alm.Ibu Kustatimah) Top