RSS

Jakarta apa kabarmu

0 komentar

jakarta apa kabarmu
Jakarta apa kabarmu
Tentu kita masih ingat bagaimana semangat pemprov DKI Jakarta, dimana Pemprov DKI pernah mencanangkan biaya kesehatan murah yang terjangkau bagi masyarkatnya, terutama bagi masyarakat yang kurang mampu. Semangat tersebut layaknya angin segar ditengah gurun nan gersang, semua masyarkat DKI Jakarta dengan antusiasnya menyambut agenda program tersebut. Bagai gayung bersambut, program untuk menciptkan biaya kesehatan yang terjangkau ( KJS ) mulai terealisasi pada tahun ini, namun pada penerapanya terdapat berbagai kendala. Mulai dari semrawutnya birokrasi untuk mendapatkan akses biaya kesehatan yang terjangkau, kualitas pelayanan bagi para penerima yang masih terkesan diskriminatif, sampai dengan tidak adanya kordinasi antar instansi yang bersangkutan. Kondisi tersebut berimbas pada mencuatnya berbagai macam isu di media masa maupun masyarakat terkait program tersebut ( KJS ).

Orang miskin dilarang sekolah

0 komentar
cermin pendidikan Indonesia
galih susanto
Pendidikan, sebuah jenis sampahkah, makanankah atau mungkin sebuah mahluk, dan mungkin hanya mereka yang senantiasa bersentuhan intim dengan istilah tersebut yang dapat menjelaskan makna dari pendidikan itu tadi, namun bagi mereka yang sama sekali tak pernah bersentuhan bahkan tak pernah

Sajak kehidupan

0 komentar
sajak kehidupan
galih picture
Jika aku tersesat
biarkan aku tersesat
karena didalam ketersesatan.ku
ku temukan arti kehidupan
karena ketersesatan.ku
aku dapat mengejawantahkan apa itu aku,kau dan kalian
dan jangan pernah bangunkan aku dalam ketersesatan ini

sajak kehidupan
cahaya kehidupan

sajak jalanan

0 komentar
       
sajak perjuangan
http://galih-aja1.blogspot.com/
        Terkadang. . . . .
        Jalan ini terasa begitu dilematis
Kadang senyum
Tawa. . . .
Juga deraian tangisan jiwa yang kurasakan
Namun
Dijalan inilah aku memulai
ku mulai semua
Kurangkai sebuah impian
Mimpi yang terkesan utopis
Biar orang menertaiwaiku
Biar orang menghujatku
Biarkan juga orang menganggapku gila
Namun mahluk ini tetap tegak berdiri
Berdiri, berdiri dan terus berdiri
Bagai karang yang menantang ombak


Sajak untuk ibu

0 komentar
galih susanto

penyesalan

0 komentar
galih susanto

Hegemoni industrialisasi

0 komentar
industrilisasi
Secara epistimologi Industrialisasi berasal dari suku kata dasar yakni industri,  yang pada awalnya mulai terdengar eksistensinya sekitar abad ke-18, dengan meletusnya peristiwa revolusi industri di Perancis, dan selanjutnya menyebar hampir ke seluruh negara di belah dunia. Industrialisasi sendiri dapat dimanifestasikan

Hakaekat Manusia

0 komentar
hakekat manusia
Berdasarkan beberapa teori tentang asal mula manusia, manusia digolongkan ke dalam homo sapien, atau yang sering kali disebut hewan yang dapat berfikir. Secara garis besar, anatomi tubuh manusia memang tak jauh berbeda dengan hewan, begitu pula dengan teori perumbuhan dan perkembangan dimana manusia dan hewan juga mengalami fase tersebut, namun ada satu hal prinsip yang  menjadikan pembeda antara manusia dan hewan,  yakni “akal fikiran”. Jika manusia mempunyai akal fikiran itu tadi, namun tidak sebaliknya dengan hewan ia tak memiliki. Keistimewaan yang dimiliki manusia yakni akal fikiran berfungsi  membantu manusia dalam memecahkan berbagai permasalahanya yang sangat kompleks, akal fikiran ini juga berperan penting dalam usaha manusia menciptakan peradaban yang lebih baik.

Distribusi kekuasaan hanya untuk kaum elite

0 komentar
galih dan kekuasaan
Tidak meratanya distribusi kekuasaan merupakan salah satu penyebab munculnya kesenjangan sosial dalam masyarakat, efek terhadap segi ekonomi dapat dirasakan dengan semakin banyaknya kelas-kelas masyarakat ekonomi bawah yang bermunculan dalam kehidupan social. Menelisik lebih mendalam mengapa distribusi kekuasaan ini tidak merata, mungkin kita akan menemukan berbagai penyebabnya, dan dalam pencarian itu kita akan menemukan factor pendidikan sebagai penyebab utama dalam menciptakan kondisi tersebut. Kita ketahui bersama bahwasanya mereka-mereka golongan penguasa merupakan orang-orang yang secara basic pendidikan dapat dibilang mumpuni, karena berkesempatan mengenyam pendidikan tinggi. Kondisi yang sebaliknya terjadi pada obyek kekuasan, dimana secara basic pendidikan yang mereka miliki sangat kontras dengan golongan penguasa.

Kenaikan harga BBM mencedrai rakyat

0 komentar
Jenis BBM
Harga sebelum kenaikan
Harga setelah kenaikan
Premium
 Rp                            4.500,00
 Rp                           6.500,00
Solar
 Rp                            4.500,00
 Rp                           5.500,00
Kenaikan harga BBM = rakyat di korbankan untuk menyelamatakan APBN. Desas-desus kenaikan harga BBM bersubsidi yang ditakuti oleh masyarakat kini menjadi kenyataan, setelah Pemerintah

Pemuda dalam dialog

0 komentar
Seklumit kisah dari suatu negara yang terletak di ujung galaksi, kita sebut saja negara tersebut dengan inisal “ Indonesia “. Di sebuah warkop diujung jalan terdapat 2 sosok masyarakat yang tengah asik berbincang-bincang, kita sebut saja mereka “si tolol” dan “si goblok”.
Tolol : lu tau ga blok kondisi terkini bangsa kita ??
Goblok : ah elu lol, sok-sokan mikirin negara, negara aja kaga mikirin elu. Mending mikirin gemana dapetin cewe yang cakep,semok tapi kaga matre, heheheeeee
Tolol : kalo itu mah elu, otak kok yang ada Cuma cewe doang. Kita tu sebagai generasi muda harus peka ama kondisi bangsa dan negara, kalo yang muda kaga peka, terus siapa yang megang peran agen of change,social control ??? masa ia lu mau negara kita gulung tikara kayak pedangan kaki lima di st.Tebet.
Goblok : Et dah lol, kata-kata elu berat, kaga seberat badan elu. Lu liat aja badan udah kurus kering kayak kerangka motor kaga pake fering, masih aja sok-sokan mikirin negara, mending lu pikirin gemana gemukin bandan, biar kaga dibilang kurang gizi kayak orang papua pedalaman, heheheee

Negara dalam perspektif kemanusiaan

0 komentar
negara galih
Negara, negara merupakan suatu bentuk alienasi masyarakat dalam suatu wilayah tertentu yang secara mendasar membutuhkan beberapa syarat dalam pembentukanya. Dalam beberapa teoripun dikemukakan bahwa terbentuknya negara harus memenuhi syarat-syarat tertentu, dimana ada 3 syarat mutlak yang harus dipenuhi, yakni

Macam-macam budaya Politik

0 komentar

budaya politik dalam perspektif galih
Berbicara budaya politik suatu bangsa tak pernah lepas dari kebisaan-kebiasaan masyarakat didalam ruang lingkup budaya politik itu tadi. Kebiasaan-kebiasaan (budaya) itu tadi secara implisit mempengaruhi tindakan-tindakan politik masyarakatnya. Namun secara garis besar terdapat 3 macam karakteristik dasar kebudayaan politik suatu bangsa, yakni

Kastanisasi pendidikan

0 komentar

tingginya biaya sekolah
Sudah menjadi rahasia umum, jika biaya pendidikan formal di negeri ini tergolong cukup mahal, bahkan tidak sedikit pula yang beranggapan biaya pendidikan sangatlah mahal. Kondisi ini tercermin dengan semakin terbukanya proses-proses kastanisasi pendidikan dalam masyarakat, kastansisasi pendidikan bahkan terkesan sengaja dicanangkan oleh para pemegang regulasi di Negara ini

Kelas sosial dalam masyarakat

1 komentar

Di dalam kehidupan masyarakat, pada hakekatnya  tak lebih dari pertentangan kelas sosial, yakni pertentangan antar masyarakat kelas dominan (borjuis) dan masyarakat kelas subordinat      ( proletar). Pertentangan kelas sendiri dapat dimanifeskan sebagi suatu usaha yang ditempuh oleh kaum proletar dalam usahanya guna menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat tanpa tebang pilih dan menghapuskan kelas-kelas social dalam masyarkat.

Banjir Jakarta

0 komentar
banjir di jakarta
Indonesia, itulah sebutan Negara ini. Negara yang 2/3 luas daerahnya merupakan lautan/perairan. Berbicara Negara tidak akan pernah afdhol kiranya jika tidak menyinggung ibukota Negara tersebut, Jakarta , kota yang menjadi focus pertumbuhan ekonomoi di Negara ini, karena hampir  70% perputaran ekonomi Negara ini berlangsung di kota Jakarta ini

Buruh

0 komentar

demo buruh
Buruh, kata tersebut yang belakang ini tengah sering diperbincangkan, baik itu dimedia cetak maupun audio visual. Berbicara mengenai buruh itu sendiri terkadang kita masih salah memanifestasikannya, tak sedikit yang mengartikan buruh ini merupakan sebuah profesi untuk mereka-mereka yang bekerja dipabrik-pabrik atau kata trennya industry
© 2012 All Right Reserved - Manusia biasa | By: Galih Susanto | Supported By FDKM | Special Thanks to My Mom (alm.Ibu Kustatimah) Top